Saturday, June 28, 2014

Pelatihan Bahasa Inggris Untuk Anak di Rumah

Di era globalisasi saat ini, pelatihan bahasa inggris  kepada anak sejak dini sangat penting. Mengenalkan bahasa inggris pada anak usia dini begitu penting untuk menstimulus perkembangan anak. Pada usia 4 tahun seorang anak telah mencapai separuh dari kemampuan kecerdasannya dan telah mencapai 80% pada usia 8 tahun.

Oleh sebab itu sudah tepat langkah orang tua untuk mengenalkan bahasa inggris sebagai bahasa kedua, walaupun mereka masih kecil dan baru mulai belajar berbicara. Dr David Freeman, Professor of Curriculum and Instruction, dan Dr Yvonne Freeman, Professor of Bilingual Education dari Amerika Serikat mengatakan, balita dalam usia emasnya mampu menyerap berbagai macam hal, termasuk keterampilan berbahasa.

Nanang Bagus Subekti, peneliti yang pernah menjadi dosen bahasa Indonesia di Flinders University Adelaide South Australia menuturkan anak-anak cukup cepat menirukan bahasa dari orangtuanya, sama ketika anak diajari bahasa Indonesia maupun bahasa daerah. Adapun yang perlu dicatat adalah orangtua mengajarkan bahasa Inggris dengan cara yang sangat sederhana sesuai dengan tahapan usia anak. 

Di zaman modern seperti saat ini, banyak sekali media pembelajaran bahasa inggris untuk anak-anak. Seperti : YouTube. Menyaksikan film kartun anak berbahasa inggris,  mengunduh lagu anak-anak  berbahasa inggris ataupun dengan membacakan dongeng berbahasa inggris sebelum tidur.


Namun yang paling utama adalah peran aktif orang tua dalam mengenalkan bahasa inggris kepada anak sejak dini. Orang tua secara konsisten membiasakan anak berbahasa inggris dengan cara yang disukai anak Misalnya anak di ajak bermain sambil bernyanyi ei bi ci di i f ji… atau one two three…


Buatlah suasana nyaman, tanpa harus memaksa anak untuk langsung bisa berbahasa inggris. Sebagai orang tua tentulahkita harus sabar dalam melatih anak berbahasa inggris. Dengan kesabaran dan konsisten membiasakan bahasa inggris dirumah, Insha Allah lambat laun anak Anda dapat berbahasa inggris.

Funtastic Private


No comments:

Post a Comment